Rencana pengembangan Mac Gaming jangka panjang ini dikonfirmasi langsung oleh VP Apple.
Apple telah berkomitmen serius untuk mengembangkan ekosistem game di komputer Mac. Di tahun-tahun mendatang, Apple akan mengubah chipset Apple Silicon dan perangkat lunak pendukung untuk memperluas kemampuan game Mac.
Dalam sebuah wawancara dengan TechCrunch, VP Pemasaran Produk Apple, Bob Borchers, dan VP Platform dan Arsitektur Tim Miller berbagi pandangan mereka tentang masa depan game di laptop Mac Apple Silicon.
Bob Borchers mengatakan bahwa Apple akan meningkatkan kemampuan gaming di setiap chipset Apple Silicon M-series terbaru.
Apple berencana untuk terus melihat konfigurasi dan komponen chip melalui lensa Game pada Mac Gaming.
Baca Juga: Kapan iOS 16.4 Beta Akan Dirilis?
Tim Miller mengatakan bahwa Apple mengambil pandangan panjang untuk mengubah Mac menjadi platform game.
Transisi dimulai sejak hari-hari awal transisi Mac dari chip Intel ke Apple Silicon.
“Ceritanya dimulai bertahun-tahun yang lalu ketika kami membayangkan transisi ini,” katanya.
“Gamer adalah kelompok yang serius. Dan saya rasa kami tidak akan membodohi siapa pun dengan mengatakan bahwa dalam semalam kami akan menjadikan Mac sebagai platform game yang hebat,” lanjutnya.
Dia menyatakan bahwa transisi dari Mac konvensional ke Mac game akan memakan waktu lama.
Menurut Miller, Apple sedang berupaya membangun basis GPU terintegrasi yang kuat.
Apple menginginkan GPU Apple Silicon M-series tidak hanya mampu mendukung pekerjaan profesional, tetapi juga aktivitas gaming yang berat.
Miller percaya bahwa banyak pengembang belum sepenuhnya beradaptasi dengan chip M-series.
Itulah salah satu kendala transisi Mac untuk menjadi platform game yang lebih luas.
“Pengembang game belum pernah melihat memori GPU 96GB tersedia untuk mereka, yaitu M2 Max,” kata Miller.
Selain dari sisi perangkat keras, Apple juga akan menambahkan API baru dan memperluas Metal dengan Metal 3 yang akan menjadi peluang besar bagi pengembang game untuk menghadirkan game mereka ke komputer Mac.
“Dengan Capcom menghadirkan Resident Evil, dan judul-judul lain mulai bermunculan, saya kira komunitas game AAA mulai menyadari dan memahami peluang ini,” kata Bob Borchers seperti dikutip dari TechCrunch.
“Karena apa yang kami miliki sekarang, dengan portofolio Mac seri-M yang kami miliki, kami memiliki banyak mesin dengan performa luar biasa, dan semakin banyak lagi yang memiliki sistem dengan performa luar biasa ini,” lanjutnya.